7 Tempat Asyik di Aceh Besar untuk Berlibur Akhir Pekan


Pasir Putih (Foto : flickr.com)
LIBURAN akhir pekan adalah moment yang ditunggu-tunggu karena dianggap menjadi moment yang pas untuk liburan bersama keluarga ataupun sahabat. Sebab, bukan hanya anak-anak yang libur sekolah pada moment ini, tapi orang tua atau para pekerja kantoran pada umumnya juga libur dari pekerjaannya.

Namun, liburan akhir akhir pekan bisa jadi moment liburan yang mahal bagi sebagian besar orang, Namun tak perlu khawatir bagi Anda yang bermodal pas-pasan. Tujuh destinasi wisata di Aceh Besar ini juga dapat menghibur Anda dan keluarga untuk menikmati liburan dalam menyambut tahun baru 2018.

Aceh Besar adalah daerah yang menyimpan segudang destinasi wisata yang menjadi magnet bagi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk bersantai bersama keluarga dan orang-orang tercinta, sambil menyantap kuliner khas daerah setempat. Daerah yang merupakan tempat kelahiran salah satu pahlawan Indonesia Cut Nyak Dhien ini menyimpan pesona keindahan alam tidak ada habisnya untuk dikunjungi.

7 tempat wisata ini bisa jadi rekomendasi untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu libur bersama keluarga dan orang-orang tercinta.

1. Pantai Lhoknga Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga (Foto: nature-aceh.blogspot)
Pantai yang terletak di kawasan PT. Semen Andalas Indonesia ini hanya berjarak 20 kilometer dari pusat Kota Banda Aceh. Pantai ini menjadi tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh warga Kota Banda Aceh atau sekitarnya. Selain letaknya berada dekat di jalan Nasional Banda Aceh-Medan, tempat ini juga sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang-orang tercinta. 

Sebelum stunami menghantam Aceh 2004 silam, pantai ini cukup memberikan nuansa yang eksotik dan alami. Banyak pohon-pohon rindang seperti cemara tumbuh berjejeran begitu halnya juga dengan pohon kelapa sehingga memberikan kesejukan dan kenyamanan tersendiri bagi pengunjung. Kendatipun demikian, setelah 13 tahun tsunami berlalu Pantai Lhoknga kembali memancarkan pesona yang menawan, dengan pantai yang luas dan bersih, pemandangan yang menawan serta sajian kuliner dan jagung bakar yang menggiurkan. Sehingga tempat ini kembali memikat banyak wisatawan baik lokal maupun manca negara untuk berkunjung, baik untuk berakhir pekan maupun sekedar untuk istirahat setelah seharian penat bekerja.

2. Pantai Lampuuk Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk (Foto: goesaceh.com)
Pantai Lampuuk persisnya terletak di sekitar 15 kilometer dari Kota Banda Aceh. Pantai ini juga merupakan tempat paling diminati oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Pantai dengan pemandangan yang teduh, pasir yang putih dan bersih sangat cocok untuk menghabiskan waktu untuk berenang, berjemur, memancing, berselancar atau pun sekedar menikmati suasana keindahan pantai.

Di sekitar pantai juga banyak tempat makan dengan penjaja ikan yang siap dipanggang dan bisa langsung dinikmati pengunjung. Menjelang malam tiba, pengunjung juga dapat menyaksikan matahari terbenam atau sunset yang memancarkan keindahan tersendiri. Anda mau bermain main olahraga tembak-menembak, atau main Golf? Tak jauh dari lokasi pantai, Anda bersama keluarga juga bisa menikmati kedua olahraga tersebut. Tapi para pengunjung harus waspada, jika ingin berenang Pantai Lampuuk juga terdapat zona terlarang untuk berenang, hal itu karena pusaran ombaknya yang terlalu berbahaya.

3. Pantai Ujong Batee Eksotisme Pantai Ujong Batee

Eksotisme Pantai Ujong Batee (acehbesartourism.com)

Pantai ini terletak di Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, jaraknya menuju lokasi sekitar 17 kilometer dari kota Banda Aceh menuju Pelabuhan Malahayati. Di sebelah kanan dari posisi pantai Ujong Batee terlihat Pulau Weh di laut bebas persis di pintu masuk Selat Malaka. Sementara sebelah kirinya terlihat Pulau Aceh di Samudera Hindia. Meski sempat rusak diterang derasnya ombak stunami, pantai ini masih memiliki daya pikat tersendiri yang membuat pengunjung betah berlama-lama untuk berakhir pekan bersama keluarga dan orang-orang tercinta.

4. Pantai Lhok Mee/Pasir Putih Pasir Putih

Pasir Putih (Foto : flickr.com)

Pantai ini berada di Gampong Lamreh, Dusun Lhok Mee, Jalan menuju Krueng Raya, sekitar 30 Kilometer dari Kota Banda Aceh. Untuk mencapai tempat ini Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. 

Pantai Lhok Mee merupakan pantai berpasir putih yang indah dan menjadi salah satu tempat rekreasi bagi masyarakat lokal maupun wisatawan luar. Di sepanjang pinggir pantai terdapat warung yang menjual makanan dan minuman bagi para pengunjung. Tidak jauh dari kawasan pantai juga terdapat perumahan penduduk setempat.


5. Air Terjun Suhom Air Terjun Suhom



Air Terjun Suhom bisa menjadi rekomendasi yang sangat baik untuk Anda kunjungi, Air Terjun Suhom berada di Desa Krueng Kala, Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar. Lokasi ini berada di tengah panorama alam yang indah dan perwan. Di sekitarnya Anda akan menemukan banyak pohon durian, pada musim durian seperti sekarang, Anda akan menyaksikan banyak orang berjualan durian di sekitar air terjun. Tak hanya itu, di sekitar air terjun juga terdapat lokasi yang dapat digunakan untuk berkemah (camping).

Air terjun ini cukup deras, sehingga dijadikan sumber energi listrik bagi masyarakat di sekitar Desa Kreung Kala. Sebuah pembangkit listrik tenaga mikrohidro kini telah dibangun di dekat air terjun dan dioperasikan untuk mengaliri listrik kepada penduduk Desa Kreung Kala. Dari Banda Aceh menuju ke lokasi air terjun, terhampar pemandangan pantai yang menakjubkan dengan keindahan yang luar biasa, deburan ombak dan pasir putih terlihat dekat di sepanjang jalan, dan tampak pula barisan pegunungan yang tinggi dan indah.

6. Waduk Keuliling Waduk Keliling

Waduk Keliling (acehtourismagency)
Waduk Keuliling kini telah menjelma menjadi objek wisata yang yang sangat digemari. Waduk ini berada di Gampong Lam Leuot Kecamatan Kuta Cot Glie, Aceh Besar, letaknya tersembunyi di balik hutan Kuta Cot Glie, Keuliling diambil dari bahasa lokal yang bermakna keliling. Karena untuk melihat tempat ini secara utuh, Anda harus mengitarinya dengan berkendara. Dari arah jalan raya Banda Aceh – Medan, jika Anda bersama keluarga menuju ke Waduk Keliling bisa ditempuh perjalanan kurang lebih 7 kilometer.

6. Air Terjun Kuta Malaka

Air Terjun Kuta Malaka (Foto: Disbudpar Aceh)
Tersembunyi di balik gugusan Bukit Barisan, air terjun Kuta Malaka tercurah mulai ketinggian 3-6 meter di tiap tingkatnya, dengan telaga di tiap tingkatnya dengan air jernih nan memukau. Sehingga menyemburkan kesegaran dari sumber mata air yang tercurah langsung dari pegunungan. 

Saat berkunjung suasana khas hutan tropis akan membekap Anda dan keluarga sebegitu menanjak ke lokasi air terjun. Ratusan anak tangga dengan kontur landai akan mengatarkan anda ke lokasi. Air Terjun Kuta Malaka berada di kawasan Samahani, Kecamatan Kuta Malaka, di sini selain terkenal dengan keindahan air terjun 7 tingkat Samahani, Anda bisa juga menikmati keindahan gunung Bukit Barisan di atas bukit air terjunnya. Jarak lokasi puncak Kuta Malaka berada sekitar 30 Kilometer dari Kota Banda Aceh.

Sumber : aceHTrend.co

Komentar